................................................................................................................................................................................By.Den Master

Minggu, 26 Juni 2016

Ini Dia Fakta Menarik DIBalik Manfaat Puasa Ramadhan


Ternyata Manfaat Puasa Ramadhan bagi kesehatan sungguh luar biasa. Puasa Ramadhan adalah sebuah ibadah yang istimewa yang hanya bisa dirasakan setahun sekali yakni di bulan Ramadhan. Selain sebagai moment yang sangat ditunggu-tunggu, puasa di bulan Ramadhan juga akan memberikan banyak hikmah serta bermanfaat untuk kesehatan anda.
Manfaat Puasa Ramadhan untuk Kesehatan
Puasa pada bulan Ramadhan adalah sebuah kewajiban umat Islam. Puasa sering dihubungkan dengan proses pengeluaran zat sisa/racun (detoksifikasi) dari dalam tubuh. Berikut akan dibahas beberapa manfaat berpuasa untuk kesehatan tubuh anda:
1.    Meningkatkan fungsi otak
Saat anda berpuasa, neurotropik dari otak akan meningkat. Dengan hal itu, tubuh anda akan memproduksi lebih banyak sel otak sehingga kinerja dari otak tentu akan meningkat pula. Selain itu, orang yang melaksanakan puasa juga akan mengalami penurunan hormon kortisol yang dihasilkan oleh kelenjar adrenal. Hal  tersebut akan mengurangi tingkat stres yang sedang dialami.
2.    Menurunkan kadar kolesterol
Ada sebuah penelitian yang kadar kolesterol jahat di dalam darah akan menurun saat kita melakukan puasa. Jika kadar kolesterol turun, maka hal tersebut akan mengurangi risiko dari penyakit jantung ataupun stroke.
3.    Menetralkan racun didalam tubuh
Puasa juga berperan dalam menetralkan racun yang ada dalam tubuh. Saat anda melaksanakan puasa, tubuh anda akan melakukan proses pengeluaran racun (detoksifikasi) dari sistem pencernaan. Kemudian, ketika tubuh memanfaatkan cadangan lemak untuk pembentukan energi, cadangan lemak tersebut akan membakar racun berbahaya yang terdapat di dalam tubuh.
Manfaat Puasa Ramadhan dalam Mengurangi Kebiasaan Buruk
Selain Manfaat Puasa Ramadhan untuk kesehatan diatas, puasa juga dapat mengurangi kebiasaan – kebiasaan buruk.  Puasa adalah sebuah ibadah yang mulia karena dengan berpuasa anda dapat terhindar dari kebiasaan buruk yang sering dilakukan. Kebiasaan – kebiasaan buruk yang dapat merusak kesehatan contohnya adalah merokok ataupun mengonsumsi cemilan yang kurang sehat. Selama anda menjalani puasa, anda akan terhindar dari beberapa kebiasaan buruk sehingg pola hidup anda kan lebih teratur.
Demikianlah beberapa pembahasan mengenai Manfaat Puasa Ramadhan. Semoga informasi ini dapat meningkatkan semangat anda dalam melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

0 komentar:

Posting Komentar