................................................................................................................................................................................By.Den Master

Minggu, 26 Juni 2016

Menu Takjil Buka Puasa Praktis dan Sehat

Moment berbuka memang selalu menjadi momen yang ditunggu bagi orang yang berpuasa, tidak hanya untuk melewatkan dahaga sehabis seharian penuh menahan lapar dan dahaga, namun waktu momen itulah keluarga saling berkumpul dan bercengkrama gampang sembari menyantap hidangan berbuka. Aneka makanan menu berbuka disediakan kegunaan memuaskan dahaga, namun tahukah kami kalau waktu berbuka kami wajib selalu perhatikan makanan yang masuk didalam tubuh kita. Kita wajib menyadari Menu Takjil Buka Puasa Praktis dan Sehat.
Islam sendiri mengajarkan kami untuk memulai berbuka puasa dengan makanan yang manis. Buah dan sayuran fresh juga amat disarankan sebagai menu sahur maupun berbuka sebab miliki banyak fungsi bagi kesegaran lebih-lebih waktu bulan puasa agar tubuh selalu terjaga asupan gizi yang seimbang. Berbagai macam buah-buahan merupakan pilihan pas sebagai makanan yang manis natural serta baik untuk kesehatan. Buah kurma, pisang, pepaya, mangga, melon, semangka adalah menu takjil yang paling sering kami temui waktu momen berbuka. Buah-buahan yang berbentuk gampang dicerna menawarkan bermacam nutrisi yang mampu menjadi transisi antara era puasa dan berbuka.
Beberapa contoh Menu takjil membuka puasa yang baik untuk kesegaran diantaranya:
1.    Buah kurma
Buah kurma amat disarankan sebagai menu berbuka puasa sebab kurma merupakan buah yang paling kaya bakal persentase glukosa alami yang baik untuk tubuh. Menjadikan buah kurma sebagai menu takjil mampu menopang mengembalikan kekuatan kami yang di awalnya udah hilang sepanjang berpuasa, dan kurma amat baik untuk kesehatan.
2.    Kolak Pisang
Rebus 150 gr singkong dan 200 gr yang udah dipotong-potong ke didalam panci yang udah diisi dengan 1500 ml air, tunggu sampai berwarna kuning dan matang. Kemudian masukan 400 gr gula merah dan 3 lembar daun pandan, tunggu sampai matang dan mendidih. Setelah itu tambahkan 2 buah pisang tanduk yang udah dipotong miring, tunggu sampai matang meresap. Lalu masukan 50 gr nangka, 800 ml santan, dan 1 sendok teh garam untuk meningkatkan gurih. Masak sampai mendidih. Kolak pisang manis legit siap dihidangkan.
3.    Kolak nangka jagung manis
Siapkan 500 ml santan, didihkan dengan ½ cangkir beras ketan sembari tetap diaduk untuk menahan ketan lengket, biarkan mendidih sekitar 12 menit. Tambahkan ½ cangkir nangka yang diiris tipis, 400 g jagung manis pipil dan 1 sendok teh vanili. Biarkan mendidih sampai 4 menit atau sampai beras ketan sepenuhnya matang, kalau ketan muncul belum sepenuhnya matang mampu ditambahkan ¼ cangkir air bersih. Masukan susu kental manis sekitar ¼ cangkir lantas tambahkan gula pasir cocok selara. Sajikan waktu masih panas.
Demikian informasi perihal Menu takjil membuka puasa yang baik untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar